Jangan Ikuti Langkah-langkah Setan
Kata kaffat[an] yang bermakna jami’[an] dalam ayat ini, menurut Syeikh Abu Bakar al-Jazairi, mengandung dua konotasi. Pertama: Tidak boleh salah seorang pun yang tertinggal masuk ke dalam Islam. Kedua:
Tidak boleh satu pun dari syariah dan hukum-hukum Islam yang
ditinggalkan. Melalui ayat ini Allah SWT menyeru hamba-hamba-Nya yang
Mukmin dengan memerintahkan kepada mereka agar masuk ke dalam Islam
secara menyeluruh, dengan tidak memilah-milah atau memilih-milih di
antara syariah atau hukum-hukum-Nya. Dengan kata lain, jangan sampai
syariah dan hukum-hukum Allah SWT yang sesuai dengan kepentingan dan
hawa nafsu mereka, mereka terima dan mereka amalkan. Sebaliknya, syariah
dan hukum-hukum-Nya yang tidak sesuai dengan kepentingan dan hawa nafsu
mereka, mereka tolak; mereka tinggalkan; dan mereka campakkan. Padahal
sesungguhnya mereka wajib untuk menerima dan mengamalkan syariah Islam
dan hukum-hukumnya secara keseluruhan (Lihat: Al-Jazairi, Aysar at-Tafasir, I/97).
Adapun terkait frasa khuthuwat asy-syaithan (langkah-langkah
setan) dalam ayat ini maknanya adalah jalan-jalan mereka yang selalu
mengajak orang pada kebatilan serta selalu menghiasai keburukan dan
kejelekan. Dengan demikian, dalam ayat ini Allah SWT melarang kaum
beriman untuk mengikuti langkah-langkah setan yang biasa menghiasi
keburukan dan mempercantik kemungkaran. Allah SWT memperingatkan
hamba-hamba-Nya yang Mukmin akan akibat buruk dari mengikuti
langkah-langkah setan, yakni kehancuran yang sempurna (di dunia dan
akhirat, pen.). Kehancuran itulah yang dikehendaki oleh setan yang meniscayakan permusuhannya terhadap manusia (Lihat: Al-Jazairi, Aysar at-Tafasir, I/97).
Dalam ayat selanjutnya Allah SWT menegaskan (yang artinya): Jika
kalian tergelincir (oleh setan) setelah datang berbagai penjelasan
kepada kalian maka sesungguhnya Allah Mahakeras lagi Mahaadil (TQS
al-Baqarah [2]: 208). Ayat ini mengandung ancaman sangat besar dan amat
keras terhadap siapa saja yang digelincirkan oleh setan, yakni saat dia
menerima sebagian syariah Islam tetapi menolak sebagian lainnya, padahal
dia tahu bahwa Islam dan syariahnya itu benar. Karena tindakan mereka
yang demikian itu, Allah SWT benar-benar akan menyiksa mereka (Lihat:
Al-Jazairi, Aysar at-Tafasir, I/97).
Siapa setan? Setan (syaythan), menurut sebagian ulama, berasal dari kata syathana; maknanya adalah ba’uda, yakni jauh. Maksudnya, setan adalah sosok yang jauh dari segala kebajikan (Ibn Katsir, Tafsir al-Qur’an al-‘Azhim, I/115; Az-Zamakhsyari, Al-Kasysyaf,
I/39). Setan juga berarti sosok yang jauh dan berpaling dari kebenaran.
Karena itu siapa saja yang berpaling dan menentang (kebenaran), baik
dari golongan jin ataupun manusia, adalah setan (Al-Qurthubi, Al-Jami’ li Ahkam al-Qur’an, I/90; Al-Alusi, Ruh al-Ma’ani fi Tafsir al-Qur’an al-Azhim wa Sab’i al-Matsani, I/166).
Dengan demikian setan bisa berwujud jin ataupun manusia. Ini sesuai dengan firman Allah SWT (yang artinya):
Demikianlah Kami telah menjadikan bagi setiap nabi itu musuh berupa
setan-setan dari jenis manusia dan jin. Sebagian mereka membisikkan
kepada sebagian yang lain perkataan-perkataan yang indah-indah untuk
menipu (manusia) (TQS al-An’am [6]: 112).
Karena itulah Allah SWT mengisyaratkan agar manusia berlindung kepada
Dia dari godaan dan kejahatan jin serta manusia (Lihat: TQS an-Nas
[114]: 1-6).
Persoalannya, setan amatlah cerdik. Setan boleh jadi tidak
menghalang-halangi manusia dari ibadah kepada Allah SWT dan amalan yang
baik, tetapi setan menyimpangkan niat manusia beribadah atau beramal
baik sehingga bukan karena Allah SWT. Boleh jadi pula setan menjadikan
manusia ikhlas beramal karena Allah SWT, tetapi setan berupaya agar
manusia beramal tidak sesuai dengan tuntunan Rasul-Nya. Di dalam bukunya
yang amat terkenal, Talbis al-Iblis (Tipudaya Iblis), Ibn
al-Jauzi secara panjang lebar mengungkapkan bagaimana sepak terjang
setan dalam memperdaya manusia; termasuk di dalamnya para ahli ibadah,
para pembaca Alquran, para ahli hadits, para ulama fikih, juga para
pengemban dakwah.
Menurut Ibn al-Jauzi, setidaknya ada enam langkah setan dalam menjerat manusia. Pertama: berusaha menjadikan manusia kafir atau musyrik. Kedua: Jika gagal, berusaha menjadikan mereka yang Muslim sebagai pelaku bid’ah. Ketiga: Jika gagal, berusaha menjadikan mereka tukang maksiat/pelaku dosa besar. Keempat: Jika gagal, berusaha agar mereka banyak melakukan dosa-dosa kecil. Kelima: Jika gagal, berusaha menyibukkan mereka dalam masalah-masalah yang mubah (yang tidak bermanfaat dan tidak berpahala). Keenam: Jika
gagal juga, berusaha menyibukkan mereka dengan urusan-urusan sederhana
sehingga mereka melupakan berbagai urusan yang lebih utama; misalnya
menyibukkan diri dengan amalan sunnah, tetapi meninggalkan amalan wajib.
Wal ‘iyadzu bilLah. [] abi